Desain Pemodelan Grafik
Bila
mendengar sebuah kalimat Desain Permodelan Grafik apa yang terlintas dipikiran
anda? Apakah itu tentang teknik pendesainan? Jika iya,maka anda sepikiran
dengan saya Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang
teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar
dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh
computer.
Perkembangan
grafis computer telah membuat kita dapat berinteraksi dengan mudah dengan
computer. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak
jenis media dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video game.
Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan
“segala sesuatu pada komputer yang bukan berupa teks atau suara”. Biasanya
istilah komputer grafik banyak digunakan pada beberapa hal yaitu pada
representasi dan manipulasi data citra oleh komputer, berbagai teknologi yang
digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar pada gambar yang dihasilkan
sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan
memanipulasi konten visual.
Saat
ini, komputer grafis menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan
berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat
ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan
cuaca atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi.
Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit
menjadi suatu hal yang mudah dan dapat mudah dipahami. Grafik juga dapat
digunakan dalam media seperti laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk
mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk
mendukung kinerja dari komputer grafis. Oleh karena itu Komputer Grafis telah
muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk
mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Elemen-elemen
pembentuk Grafik Geometri
Komputer
grafis digunakan untuk meningkatkan transfer dan memahami informasi dalam ilmu
pengetahuan, teknik, kedokteran, pendidikan, dan bisnis, produksi, dan
menampilkan gambar sintetik obyek alam dengan realisme. Interaksi pengguna
dapat ditingkatkan melalui animasi, yang menyampaikan sejumlah besar
informasi dari gambar yang terlihat hidup.
Dengan
adanya grafika dan visualisasi komputer kita dapat mempermudahkan dan
mempercepat pekerjaan khususnya dalam interakasi manusia dengan komputer,
karena interaksi sudah berbentuk gambar/visual (GUI, Graphical user interface)
seperti menu atau icon, bukan lagi dalam bahasa hitam (perintah-perintah yang
harus di inputkan) yang sulit dilakukan. Dengan kata lain menjadi efektif dan
efisien.dan juga memperindah tampilan (lebih menarik) sehingga tidak mudah
bosan.
Berikut
ini ada beberapa kegiatan yang berhubungan dengan grafik computer, diantaranya
adalah :
- Pemodelan geometris
Pemodelan
geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang
mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk.
Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk,
posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat
tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan
beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus
pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.
2. Rendering
Rendering
adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer.
Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling,
animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan
dalam sebuah bentuk output. Dengan kata lain memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
Berbicara
tentang ‘desain pemodelan grafik’, yang pertama terlintas di fikiran pasti ini berhubungan
dengan sebuah gambar. Tapi, apa sebenarnya ‘desain pemodelan grafik’ itu ?. Disini
saya akan menjelaskan pengertian dari desain pemodelan grafik. Namun
sebelumnya, sebaiknya kita mengetahui makna per kata terlebih dahulu.
Desain
Mendengar kata desain, yang terfikir adalah sebuah model atau cara atau proses untuk mendapatkan suatu obyek baru. Menurut wikipedia, desain diartikan sebagai suatu seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dari pengertian tersebut dapat terlihat bahwa desain merupakan suatu gambaran atau suatu pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu. Sebagai contoh adalah desain suatu baju. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang desainer. Desain baju tersebut dibuat guna memenuhi keinginan seseorang untuk sebuah baju yang akan dibuat sesuai keinginan dia. Desain tersebut dibuat agar mempermudah proses pembuatan baju tersebut.
Mendengar kata desain, yang terfikir adalah sebuah model atau cara atau proses untuk mendapatkan suatu obyek baru. Menurut wikipedia, desain diartikan sebagai suatu seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dari pengertian tersebut dapat terlihat bahwa desain merupakan suatu gambaran atau suatu pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu. Sebagai contoh adalah desain suatu baju. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang desainer. Desain baju tersebut dibuat guna memenuhi keinginan seseorang untuk sebuah baju yang akan dibuat sesuai keinginan dia. Desain tersebut dibuat agar mempermudah proses pembuatan baju tersebut.
Pemodelan
Pemodelan merupakan tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat dan di desain akan dibentuk seolah-olah benar-benar nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat secara 3 dimensi. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.
Pemodelan merupakan tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat dan di desain akan dibentuk seolah-olah benar-benar nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat secara 3 dimensi. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.
Grafik
Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Dari
ketiga definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan
suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek baru menggunakan suatu
perangkat lunak yang melalui tahapan-tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan
memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik
komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic
library/package, application program, dan citra.
Teknologi
Vektor dan Bitmap
Gambar
dengan format vektor identik dengan garis dan kurva dimana garis dan kurva
tersebut akan menghasilkan suatu obyek atau gambar. Gambar format vektor
biasanya digunakan untuk logo karena dapat membuat gambar garis yang jelas dan
tegas. Karena gambar vektor gabungan dari titik dan garis maka ia tidak akan
pecah ketika diperkecil atau diperbesar. Perangkat lunak yang biasanya
digunakan untuk membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW, Macromedia Freehand,
Adobe Illustrator, dll.
Gambar
format bitmap merupakan susunan pixel dimana setiap pixel berdiri sendiri dan memiliki
warna sendiri untuk membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap bergantung pada resolusi
dimana bila gambar diperbesar akan terlihat kotak-kotak kecil sehingga tidak
terlihat halus gambar tersebut. Ukuran bitmap pun lebih besar. Parangkat lunak
yang berbasis bitmap misalnya Adobe Photoshop, Paint, CorelPhotoPaint, dll.
Desain grafis
Desain grafis adalah suatu
bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks
juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa
dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain
lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang,
produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan
(disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan
kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi,
fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Perkembangan industi desain grafis
tumbuh seiring dengan perkembangan konsumerisme. Hal ini menimbulkan kritik
dari berbagai komunitas desain yang tertuang dalam First Things First manifesto
yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1964 dan diterbitkan kembali pada
tahun 1999 di majalah Émigré. Konsumerisme terus tumbuh, sehingga terus memacu
pertumbuhan ilmu desain grafis. Hal ini menarik para praktisi desain grafis,
beberapa diantaranya adalah : Rudy VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen
Lupton and Rick Poynor.
Batasan Media
Desain grafis pada awalnya
diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai
tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan
dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau
desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi
sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan
unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti
unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan
warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,
seperti keseimbangan (balance),
ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi
("proportion") dan kesatuan (unity),
kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan
desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer
grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah
konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum
direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop
publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak
grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan
komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang
susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat
hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa
menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media
tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang
kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat
untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Daftar Software
Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan
dalam desain grafis:
Desktop
publishing
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe Indesign
- Coreldraw
- GIMP
- Inkscape
- Adobe Freehand
- Adobe image ready
- CorelDraw
- Adobe Page Maker
- Paint Tool SAI
Webdesign
Audiovisual
- Adobe After Effect
- Adobe Premier
- Final Cut
- Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
- Ulead Video Studio
- Magic Movie Edit Pro
- Power Director
Rendering 3
Dimensi
- 3D StudioMax
- Maya
- AutoCad
- Google SketchUp
- Light Wave
- Blender
- Softimage
Grafika komputer
Grafika komputer (bahasa Inggris: computer graphics)
adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika
komputer adalah grafika
komputer 2D
yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan
citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Pot
teh Utah
Hasil
dari rendering
Aplikasi grafika komputer
Grafika
komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni,
sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi
spesifik dari grafika komputer:
- Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi
Pembagian bidang ilmu grafika
komputer
Bagian
dari grafika komputer meliputi:
- Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Geometri
Bidang
geometri mempelajari representasi objek tiga-dimensi dalam pengaturan digital
diskrit. Karena tampilan objek sebagian besar bergantung pada bagian luarnya, representasi
tepi banyak digunakan. Permukaan dua dimensi adalah representasi
yang baik bagi sebagian besar obyek.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar