Minggu, 17 November 2013

3D Max vs Blender



3D Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
Sekilas
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Metode pemodelan
Ada 5 metode pemodelan dasar:
  • Pemodelan dengan primitif
  • NURMS(subdivision surfaces)
  • Surface tool
  • NURBS
  • Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".
Mental Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.
3D Studio Max atau biasa disebut 3DS MAX adalah sebuah software visualisasi (modeling dan animasi) 3 Dimensi yang populer dan serba guna. Hasil dari desain dan animasi dari 3DS Max sendiri sering digunakan di pertelevisian, media siar, web, games, modeling 3D dan lain-lain. Desain 3 Dimensi ditambah Animasi.

Tampilan 3D Studio Max?

Tampilan 3D Studio Max terdiri dari beberapa bagian pokok, yaitu
  • Menu Bar
  • Tool Bar
  • Viewport
  • Command Panel
  • Animation Control
  • Viewport Control

Menu Bar
Menubar yaitu menu pulldown yang merupakan menu utama dari program 3D Studio Max dimana memuat semua perintah pokok dari membuat file baru hingga menutupnya.
Description: menubar 
Tool Bar
Tool bar merupakan tombol menu yang berposisi dibawah Menu Bar yang berbentuk simbol-simbol untuk mempermudah dalam proses penggunaan perintah.
Description: toolbar 
Viewport
  • Viewport merupakan layar kerja/bidang kerja dari program 3D Studio max yang dimana secara Default terdiri dari 4 bagian, yakni
  • Top
  • Front
  • Left
  • Perspective
Description: Viewport

View port dimana kita bisa melihat perintah dijalankan merupakan/dinamakan viewport aktif, tanda dari viewport aktif adalah adanya tanda kuning pana stage/area yang terpilih.
Command Panel
Pada bagian dari 3D Studio max ini, Command panel dapat melakukan pengaturan terhadap objek melalui parameter objek yang akan dibuat, juga dapat mengakses perintah sebagaimana yang terdapat dalam menu bar atau menu tab. Perlu diketahui, hampir separuh dari fasilitas aplikasi desain dan animasi 3DS Max ini dapat diatur melalui command panel.
Description: command panel 
Animation Control
Animation Control merupakan fasilitas di mana akan dilakukan pengaturan terhadap animasi objek, durasi animasi dan menjalankan animasi, di sinilah letak perbedaan hebat antara program 3D Studio Max dengan program lain.
Description: animation control 
Viewport Control
Merupakan navigasi viewport di mana dapat memperbesar tampilan gambar atau objek dengan memperbesar viewport jika ingin melihat objek yang tidak tampak karena keterbatasan bidang.
Description: viewport control


Blender
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
Blender adalah sebuah aplikasi khusus dalam pembuatan grafis 3D yang free open source. Konten penciptaan suite tersedia untuk sistem operasi termasuk Linux. Blender dikembangkan secara komersial (seperti pembuatan game atau film) tetapi sekarang dirilis di bawah GPL.
Blender memiliki berbagai macam kegunaan seperti pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender memiliki fitur sama kuat dalam mengatur lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software bila dibandingkan dengan Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.

Fitur-fitur Blender :
  • Model : Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline, multiresolusi patung kemampuan, modifier stack deformers, model Mesh, Python Scripting
  • Rigging : Skeleton kode ciptaan, Skinning, lapisan Bone, B-splines interpolated tulang
  • Animasi : animasi editor non-linear, Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor, deformers animasi, pemutaran Audio, sistem kendala animasi
  • Rendering : raytracer inbuilt, oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati, Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
  • UV unwrapping : Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping. Unwrapping berdasarkan jahitan. Falloff proporsional mengedit peta UV
  • Shading : membaur dan shader specular, Node editor, hamburan Bawah, shading Tangent, peta Refleksi
  • Fisika dan Partikel : sistem partikel dapat dilampirkan ke mesh objek, simulator Fluida, solver Realtime tubuh lembut
  • Imaging dan Komposisi : multilayer OpenEXR dukungan, filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat, Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
  • Realtime 3D/Game Penciptaan : editor grafis logika, Bullet Fisika dukungan Perpustakaan, jenis Shape : polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit, Dukungan untuk kendaraan dinamika, Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL, Python scripting, Audio



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar