3D
Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX)
adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor
3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment
(dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan
dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi
untuk platform Win32. Kinetix kemudian
bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi
terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia
pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
Sekilas
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling
luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform
Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang
banyak.
Metode pemodelan
Ada 5 metode pemodelan dasar:
- Pemodelan dengan primitif
- NURMS(subdivision surfaces)
- Surface tool
- NURBS
- Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang
membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone",
silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat
menerapkan operasi boolean, termasuk
pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat
dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut
"pemodelan balon".
Mental Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk
merender gambar
atau video)
yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max
yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio
Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai
beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination
dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader
pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray,
Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine
ini memiliki kelebihannya masing-masing.
3D Studio Max atau biasa disebut
3DS MAX adalah sebuah software visualisasi (modeling dan animasi) 3 Dimensi
yang populer dan serba guna. Hasil dari desain dan animasi dari 3DS Max sendiri
sering digunakan di pertelevisian, media siar, web, games, modeling 3D dan
lain-lain. Desain 3 Dimensi ditambah Animasi.
Tampilan 3D Studio Max?
Tampilan
3D Studio Max terdiri dari beberapa bagian pokok, yaitu
- Menu Bar
- Tool Bar
- Viewport
- Command Panel
- Animation Control
- Viewport Control
Menu Bar
Menubar
yaitu menu pulldown yang merupakan menu utama dari program 3D Studio Max dimana
memuat semua perintah pokok dari membuat file baru hingga menutupnya.
Tool Bar
Tool
bar merupakan tombol menu yang berposisi dibawah Menu Bar yang berbentuk
simbol-simbol untuk mempermudah dalam proses penggunaan perintah.
Viewport
- Viewport merupakan layar kerja/bidang kerja dari program 3D Studio max yang dimana secara Default terdiri dari 4 bagian, yakni
- Top
- Front
- Left
- Perspective
View port dimana kita bisa melihat
perintah dijalankan merupakan/dinamakan viewport aktif, tanda dari
viewport aktif adalah adanya tanda kuning
pana stage/area yang terpilih.
Command Panel
Pada bagian dari 3D Studio max
ini, Command panel dapat melakukan pengaturan terhadap objek melalui parameter
objek yang akan dibuat, juga dapat mengakses perintah sebagaimana yang terdapat
dalam menu bar atau menu tab. Perlu diketahui, hampir separuh
dari fasilitas aplikasi desain dan animasi 3DS Max ini dapat diatur melalui
command panel.
Animation Control
Animation Control merupakan fasilitas di mana akan
dilakukan pengaturan terhadap animasi objek, durasi animasi dan menjalankan
animasi, di sinilah letak perbedaan hebat antara program 3D Studio Max dengan
program lain.
Viewport Control
Merupakan
navigasi viewport di mana dapat memperbesar tampilan gambar atau objek dengan
memperbesar viewport jika ingin melihat objek yang tidak tampak karena
keterbatasan bidang.
Blender
Blender adalah perangkat
lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan
desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi
3 dimensi.
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia
untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya
tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk
membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
Blender adalah sebuah aplikasi khusus dalam pembuatan
grafis 3D yang free open source. Konten penciptaan suite tersedia untuk sistem
operasi termasuk Linux. Blender dikembangkan secara komersial (seperti
pembuatan game atau film) tetapi sekarang dirilis di bawah GPL.
Blender memiliki berbagai macam kegunaan seperti
pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan,
editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender memiliki fitur sama kuat dalam mengatur
lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software bila dibandingkan dengan
Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Fitur-fitur Blender :
- Model : Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline, multiresolusi patung kemampuan, modifier stack deformers, model Mesh, Python Scripting
- Rigging : Skeleton kode ciptaan, Skinning, lapisan Bone, B-splines interpolated tulang
- Animasi : animasi editor non-linear, Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor, deformers animasi, pemutaran Audio, sistem kendala animasi
- Rendering : raytracer inbuilt, oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati, Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
- UV unwrapping : Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping. Unwrapping berdasarkan jahitan. Falloff proporsional mengedit peta UV
- Shading : membaur dan shader specular, Node editor, hamburan Bawah, shading Tangent, peta Refleksi
- Fisika dan Partikel : sistem partikel dapat dilampirkan ke mesh objek, simulator Fluida, solver Realtime tubuh lembut
- Imaging dan Komposisi : multilayer OpenEXR dukungan, filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat, Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
- Realtime 3D/Game Penciptaan : editor grafis logika, Bullet Fisika dukungan Perpustakaan, jenis Shape : polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit, Dukungan untuk kendaraan dinamika, Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL, Python scripting, Audio
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar